Tentang Virus

Apa itu Virus?


Virus komputer adalah program, atau potongan kode, yang ditulis untuk mengganggu, dan membahayakan, PC Anda. Virus dapat mereplikasi dirinya sendiri, menyebar ke komputer lain, dan menyerang program lain di komputer Anda. (Dengan menyerang, maksud kami mengubah atau menghapus file.) Pakar komputer membedakan antara virus, worm, dan Trojan. Inilah perbedaannya:

Virus - Dapat mereplikasi dan menyebar ke komputer lain. Juga menyerang program lain
Worm - Jenis virus khusus yang dapat mereplikasi dan menyebar, tetapi umumnya tidak menyerang program lain
Trojan - Tidak mereplikasi, tetapi bisa menyebar. Tidak menyerang program lain. Biasanya hanya cara merekam dan melaporkan apa yang Anda lakukan pada PC Anda

Virus dibagi ke dalam berbagai kategori, tergantung pada apa yang mereka lakukan. Berikut beberapa kategori virus:

Boot Sector Virus
Sektor Boot dari PC adalah bagian dari komputer Anda yang akan diakses pertama ketika Anda menyalakannya. Ia memberi tahu Windows apa yang harus dilakukan dan apa yang harus dimuat. Ini seperti daftar "Things To Do". Sektor Boot juga dikenal sebagai Master Boot Record. Virus boot sector dirancang untuk menyerang ini, menyebabkan PC Anda menolak untuk memulai sama sekali!

Virus File
Virus file, seperti namanya, menyerang file di komputer Anda. Juga menyerang seluruh program.

Virus Makro
Jenis virus ini ditulis khusus untuk menginfeksi dokumen Microsoft Office (Word, Excel PowerPoint, dll.) Dokumen Word dapat berisi Virus Makro. Anda biasanya perlu membuka dokumen dalam aplikasi Microsoft Office sebelum virus tersebut dapat membahayakan.

Virus Multipartit
Virus multipartit dirancang untuk menginfeksi baik sektor boot maupun file di komputer Anda

Virus polimorfik
Jenis virus ini mengubah kode mereka sendiri ketika mereka menginfeksi komputer lain. Mereka melakukan ini untuk mencoba dan menghindari deteksi oleh program anti-virus.


Bagaimana Virus masuk ke komputer saya?

Cara paling umum yang didapatkan virus di komputer Anda adalah melalui lampiran email. Jika Anda membuka lampiran, dan program anti-virus Anda tidak mendeteksi, maka itu cukup untuk menginfeksi komputer Anda. Beberapa orang bahkan tidak membuka lampiran sama sekali, tetapi hanya menghapus seluruh pesan segera setelah pesan masuk. Meskipun pendekatan ini akan sangat mengurangi peluang Anda untuk terinfeksi, hal itu mungkin menyinggung perasaan sanak famili Anda yang baru saja mengirimi Anda gambar terbaru dari Johnny kecil!

Anda juga bisa mendapatkan virus dengan mengunduh program dari internet. Sepotong besar freeware yang Anda lihat dari situs yang tidak jelas mungkin tidak begitu bagus. Itu juga bisa menginfeksi PC Anda sebagai program utama sedang menginstal. Dan jika Anda atau anak-anak Anda mengunduh perangkat lunak dari jaringan peer to peer (seperti Kazaa, Morpheus, Shareaza) maka Anda dapat mengunduh lebih dari yang Anda tawar!

Jika PC Anda menjalankan versi Windows apa pun, dan tidak memiliki semua patch dan pembaruan terbaru, maka komputer Anda akan diserang beberapa menit setelah masuk ke internet! (Pengguna selain Windows dapat masuk ke mode sombong!)


Bisakah saya terinfeksi oleh Virus?

Jika Anda terinfeksi oleh virus, komputer Anda mungkin menunjukkan beberapa gejala terkenal. Berikut beberapa tanda bahwa Anda mungkin terinfeksi:

Komputer Anda mulai berjalan lebih lambat dari biasanya
Komputer Anda terus mogok
Komputer Anda terus mogok dan kemudian restart
Program yang biasanya Anda kerjakan tiba-tiba mulai bertingkah aneh
Anda tidak dapat mengakses disk drive Anda
Gejala lain yang harus diwaspadai adalah pesan kesalahan yang aneh, dokumen tidak dicetak dengan benar, dan menu yang terdistorsi dan kotak dialog. Cobalah untuk tidak panik jika komputer Anda memamerkan satu atau dua item dalam daftar.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memindai PC Anda dengan perangkat lunak anti-virus Anda yang up-to-date. Jika perangkat lunak anti-virus Anda gagal mendeteksi apa pun, maka itu tidak berarti Anda TIDAK terinfeksi - itu mungkin hanya perangkat lunak anti-virus yang buruk. Dan ingat, yang paling populer tidak berarti paling efektif. Sementara Norton dan McAfee bagus, tes ekstensif di majalah komputer yang dihormati menunjukkan bahwa mereka bukan yang terbaik. Tidak menjadi yang terbaik berarti mereka mungkin gagal mendeteksi virus pada PC Anda! Tidak hanya itu, Norton dan McAfee menjadi sangat mahal untuk dipertahankan!

Perangkat lunak Anti-Virus gratis
Ada beberapa solusi anti-virus gratis yang bagus di luar sana. Yang paling populer adalah AVG. Ini telah mendapatkan hasil yang sebagus pemimpin pasar. Anda dapat memeriksanya di sini (halaman ini juga memberitahu Anda apa yang Anda tidak dapatkan dengan edisi gratis):


Setelah diinstal, AVG akan memperbarui dirinya setiap hari secara teratur. Ini juga akan memindai email untuk virus, dan memperingatkan Anda jika menemukan apa pun. Antarmukanya agak kuno tapi, hei, gratis dan ini cukup bagus!

CATATAN: Jika Anda mengubah perangkat lunak AV, Anda HARUS memastikan bahwa yang lama telah sepenuhnya dihapus dulu. Norton dan McAfee mungkin sulit untuk dihapus, dan Anda harus berkonsultasi dengan situs web mereka sebelum mencopot pemasangan - mereka bahkan dapat memiliki alat khusus untuk melakukan pekerjaan itu. Beberapa orang mengatakan bahwa mencoba menghapus Norton atau McAfee lebih buruk daripada terkena virus.

Share this :

Previous
Next Post »