Menulis kode VB.NET pertama

Di bagian sebelumnya, Anda baru saja mendesain formulir dan melihat tampilan pertama Anda di jendela kode. Kami akan menambahkan beberapa kode sekarang.

Klik mouse Anda pada baris kosong setelah Private Sub Button1_Click, dll, tetapi sebelum End Sub. Ketik kode berikut:
Dim number1 As Integer
Dim number2 As Integer
Dim answer As Integer 
number1 = 3
number2 = 5 
answer = number1 + number2 
MessageBox.Show (answer)
Setelah mengetik semua itu, jendela kode Anda seharusnya sekarang terlihat seperti ini:

The VB .NET code window

Sebelum kita mengeksplorasi apa yang terjadi di sini, simpan pekerjaan Anda dan kemudian klik Debug> Mulai Debugging (atau Mulai tanpa debugging) dari Menu Visual Basic, atau tekan F5 pada keyboard Anda. Ini akan meluncurkan program Anda. Klik Tombol satu kali, dan Anda harus mendapatkan yang berikut:

 A Message Box displayed after a button click

Hentikan program Anda, dan kembali ke Lingkungan Desain. Jika Anda tidak dapat melihat kode Anda, Anda dapat mengklik Tab di bagian atas Window, seperti pada gambar di bawah ini:

The Tabs windows in NET

Klik tab "Form1.vb [Design]" untuk melihat Formulir Anda.

Memecahkan Kode VB

Oke, apa yang terjadi di sana? Nah, yang terjadi adalah kami baru saja menulis sebuah program untuk menambahkan dua angka bersama, dan kami menampilkan hasilnya dengan menggunakan Kotak Pesan - program nyata pertama Anda! Tapi mari kita pecahkan kode itu sedikit lagi.
  • Pertama, kita mulai dengan kata Dim, menunjukkan ke Visual Basic bahwa kita ingin mengatur variabel
  • Kemudian kami memberikan variabel nama (number1)
  • Selanjutnya, kita "mengatakan" VB bahwa apa yang terjadi di dalam variabel adalah angka (As Integer)
  • Dua variabel lebih dibentuk dengan cara yang sama, number2 dan answer.

Setelah menyiapkan tiga variabel, inilah yang kami lakukan:

Katakan Visual Basic bahwa apa yang terjadi pada variabel pertama adalah angka 3, dan apa yang terjadi pada variabel kedua adalah angka 5. Untuk memasukkan sesuatu ke dalam variabel, Anda menggunakan tanda sama dengan (=). Tapi itu tidak benar-benar tanda sama dengan - itu adalah operator penugasan. Anda menetapkan nilai 3 ke variabel yang disebut number1.

number1 = 3
number2 = 5
Bagian selanjutnya sedikit lebih rumit, tetapi tidak terlalu rumit. Yang ingin kami lakukan adalah menambahkan dua angka bersama. Jadi kami berkata
number1 + number2
Visual Basic sudah tahu cara menambahkan: semua yang perlu kita lakukan adalah "mengatakan" untuk menambahkan. Kami melakukan "menceritakan" dengan cara tradisional, matematis - dengan tanda tambah (+). Apa yang akan Visual Basic lakukan adalah untuk melihat apa yang telah kita disimpan di dalam number1, dan melihat apa yang di dalam number2. Ini melihat 3, melihat lima, dan juga melihat tanda tambah.

Kemudian Visual basic menambahkannya untuk Anda.Kecuali kami juga melakukan sesuatu yang lain. Kami berkata kepada Visual Basic "Setelah Anda selesai menambahkan dua variabel number1 dan number2, simpan hasilnya dalam variabel lain yang kami siapkan, yang disebut answer."Jadi, seluruh barisnya
answer = number1 + number2
berarti: "Tambahkan variabel yang disebut number1 ke variabel yang disebut number2. Kemudian simpan hasilnya dalam variabel yang disebut answer."

Anggap saja bekerja dari sisi kanan tanda yang sama lebih dulu. Kemudian ketika Anda memiliki jawabannya, berikan variabel di sebelah kiri tanda sama dengan.

Bagian terakhir dari program ini menggunakan Visual Basic's in-built Message Box. Kita akan belajar lebih banyak tentang Message Box/Kotak Pesan nanti. Untuk saat ini, anggap saja itu cara yang mudah untuk menampilkan hasil.

Kotak pesan sangat berguna ketika Anda ingin menampilkan hasil dari beberapa kode. Tetapi kami memiliki textbox di form, dan kami mungkin juga menggunakannya.

Jadi hapus baris: MessageBox.Show (jawaban). Ketik kata Textbox1, lalu ketik sampai selesai. Anda akan melihat kotak drop-down muncul. Ini adalah daftar Properties dan Metode yang dapat digunakan oleh Textbox.

IntelliSense in VB .NET

Gulir ke bawah hingga Anda melihat kata "Text". Klik dua kali pada pilihan Text dan kotak drop-down akan hilang. (Kotak drop-down ini dikenal sebagai IntelliSense, dan sangat berguna. Artinya Anda dapat memilih properti atau metode dari daftar tanpa harus mengetik apa pun.)

Properti Text yang Anda pilih adalah properti Text yang sama yang Anda atur dari Jendela Properties sebelumnya. Di sini, kami mengatur properti dengan kode kami; sebelumnya, kami mengaturnya pada waktu desain. Tetapi hasilnya sama - properti Text dari textbox akan diatur ke nilai yang kita pilih.

Untuk menetapkan nilai, ketik tanda sama dengan, lalu ketik nilai untuk properti Text. Kami ingin isi variabel yang disebut jawaban muncul di kotak teks. Jadi sisa kode hanya ini:
Textbox1.Text = answer
Jendela kode Anda akan terlihat seperti ini:

Transfer the answer to the text box

Jalankan kode Anda lagi, dan tekan tombol pada form. Anda seharusnya melihat angka 8 muncul di kotak teks.

Oke, waktu untuk latihan pertama Anda. Mereka tidak terlalu menyakitkan, dan mudah-mudahan mereka akan memberi Anda gagasan yang lebih baik tentang variabel . Dan selain itu, pemrograman adalah tentang melakukan, bukan berbicara. Jadi cobalah! 

Latihan

Hapus nilai 3 dan 5 dan gantilah dengan angka Anda sendiri

Latihan

Hapus tanda tambah di antara number1 dan number2, dan ganti dengan masing-masing berikut secara bergantian

- (tanda minus)
* (tanda perkalian di VB adalah tanda bintang)
/ (tanda bagi dalam VB adalah garis miring ke depan)

Latihan A

Mengatur variabel Integer lain. Beri nama number3. Tetapkan nilai 10 ke variabel baru ini. Kalikan nilai variabel baru Anda dengan variabel yang disebut answer. Tampilkan hasilnya di textbox Anda.

(Cara lain untuk menetapkan nilai ke variabel adalah ketika Anda pertama kali mengaturnya. Anda dapat melakukan ini:
Dim number3 As Integer = 10
Ini sama persis dengan :
Dim number3 As Integer
number3 = 10
Terserah Anda metode apa yang Anda gunakan. Tetapi tujuannya adalah untuk menyamakan nilai ke variabel.)

Di bagian selanjutnya, kita akan berbicara tentang jenis variabel yang berbeda - variabel string.

Share this :

Previous
Next Post »