Apa itu Firewall?

Firewall adalah penghalang pelindung antara Anda dan komputer yang terhubung dengan Anda. Ketika Anda pergi ke internet Anda terlihat oleh dunia luar. (Jika Anda tidak, maka tidak akan ada cara untuk mendapatkan halaman web ke browser Anda!) Anda terlihat melalui sesuatu yang disebut port. Port adalah layanan yang tersedia untuk Anda. Ada ribuan port (layanan) ini, dan masing-masing diberi nomor. Tiga port (layanan) yang paling sering Anda gunakan adalah world wide web (port 80), Email masuk (biasanya port 110), dan email keluar (biasanya port 25). Ide dari firewall adalah untuk menutup port (layanan) yang tidak Anda gunakan. Jika tidak, maka port terbuka Anda adalah undangan kepada orang lain untuk menyerang komputer Anda! Jika Anda hanya memiliki satu perangkat lunak keamanan di komputer Anda maka itu harus menjadi firewall. Kecuali komputer Anda tidak terhubung ke dunia luar.

Apa yang bisa terjadi jika saya tidak memiliki firewall?

Jika Anda menginstal sistem operasi baru Anda, dan membiarkannya tidak di-patch, komputer Anda akan diserang dalam beberapa menit. Anda akan diserang melalui port terbuka Anda, dan dibombardir dengan pesan-pesan popup; Trojan, virus, dan worm akan dimuat di belakang Anda; Spyware dan Malware akan menyumbat browser Anda. Bahkan, majalah Format PC baru-baru ini (edisi 194) menjalankan eksperimen ini. PC mereka yang tidak terlindung tidak dapat digunakan setelah sekitar 2 dan setengah jam! Memiliki firewall di tempat akan mencegah beberapa serangan ini.

Bahkan jika Anda memiliki semua pembaruan sistem operasi Anda, tidak memiliki firewall berarti seseorang akhirnya akan menemukan port terbuka di komputer Anda. Jika mereka dapat menginstal Trojan ke PC Anda, mereka akan dapat mengendalikannya! (Lihat bagian Trojan kami untuk detail lebih lanjut tentang topik ini.)

Bagaimana Firewall membantu melindungi Anda

Kebanyakan firewall, seperti yang dibangun di sistem operasi Anda, akan memperingatkan Anda tentang lalu lintas masuk yang mencurigakan. Siapa pun yang mencoba mendapatkan akses ke PC Anda akan menekan firewall terlebih dahulu. Firewall menangkis serangan, dan memberi Anda peringatan tentang itu. Tetapi firewall yang baik seperti ZoneAlarm juga akan memperingatkan Anda tentang lalu lintas keluar yang mencurigakan (firewall XP sendiri tidak melakukan ini). Jadi firewall terbaik melakukan keduanya - memberi tahu Anda tentang lalu lintas masuk dan keluar.

Jenis-jenis Firewall

Untuk pengguna umum, Anda dapat menempatkan firewall ke dalam dua kategori sederhana: perangkat keras dan perangkat lunak. Firewall perangkat keras dapat berupa router yang berada di antara komputer Anda dan dunia luar. Anda dapat menghubungkan lebih banyak komputer ke router, dan masing-masing akan dilindungi oleh firewall yang merupakan bagian dari router.

Firewall perangkat lunak adalah salah satu seperti ZoneAlarm. Anda menginstalnya pada PC Anda, dan itu akan menyembunyikan port terbuka, menangkis serangan masuk, dan memperingatkan Anda tentang lalu lintas keluar yang mencurigakan. Untuk perlindungan tambahan, Anda dapat memiliki firewall perangkat lunak pada setiap komputer yang berada di belakang perute. Seorang penyerang harus sangat bertekad untuk melewati firewall router Anda dan firewall perangkat lunak Anda!

Firewall mana yang harus saya dapatkan?

Jika Anda memiliki sesuatu seperti router nirkabel maka Anda mungkin sudah memiliki firewall. Anda harus memeriksa halaman konfigurasi router Anda untuk memastikannya dihidupkan. (Beberapa dari mereka benar-benar DINONAKTIF secara default!) Setelah firewall router Anda dihidupkan, Anda dapat menginstal firewall perangkat lunak pada setiap PC yang terhubung ke router, hanya untuk perlindungan tambahan.

Jika Anda tidak berada di belakang router, maka Anda memerlukan perangkat lunak firewall. Jika Anda memiliki perangkat lunak Keamanan Internet seperti Kaspersky maka mungkin akan mencakup firewall juga. Anda harus memeriksa. Jika Anda tidak memiliki perangkat lunak Internet Security maka kami sangat merekomendasikan versi gratis ZoneAlarm. Perangkat lunak ini telah tersedia dari ZoneLabs selama beberapa waktu, dan memiliki reputasi yang sangat baik.


Tetapi untuk rekap: Jika Anda tidak memiliki firewall, dan komputer Anda terhubung ke Internet, Anda PERLU untuk mendapatkannya!

Share this :

Previous
Next Post »