Apakah Sinyal Wireless Berbahaya bagi Kesehatan ?

Seperti yang kita temukan di artikel sebelumnya (Apa itu Sinyal Nirkabel), kita memiliki radiasi elektromagnetik yang memompa di sekitar rumah. Radiasi elektromagnetik ini dalam bentuk Gelombang Radio, dan berasal dari router nirkabel dan adaptor nirkabel. Sinyal nirkabel adalah Gelombang Radio, dan Gelombang Radio adalah radiasi elektromagnetik. Apa yang ingin kita ketahui adalah: Apakah Sinyal Nirkabel berbahaya bagi kesehatan ?


The Hypersensitive

Ada sebuah kelompok di Inggris bernama ElectroSensitivityUK, yang berkampanye untuk kesadaran yang lebih besar akan sensitivitas elektro. Menurut kelompok ini, beberapa orang hipersensitif terhadap radiasi elektromagnetik. Kelompok ini telah berkampanye untuk beberapa waktu mengenai masalah ini. Baru-baru ini, orang-orang telah menghubungi mereka yang mengklaim bahwa sinyal nirkabel di rumah menyebabkan mereka jatuh sakit. Gejala termasuk mual, kelelahan, sakit kepala, sulit tidur, gangguan perut, tinnitus, kehilangan ingatan jangka pendek, dan saya lupa apa lagi.

Penulis yang terhormat Kate Figes adalah salah satu penderita tersebut. Setelah memasang sistem nirkabel baru di rumahnya, Kate mulai merasa sakit. Dia merasa sakit, rusak, dan mengalami sensasi yang digambarkannya seperti "didorong seluruh tubuh Anda dengan 1.000 jari". Menyingkirkan peralatan nirkabelnya menyembuhkan penyakitnya. Menjadi ibu dari dua anak, dia secara alami prihatin tentang bahaya yang dapat ditimbulkan oleh sinyal nirkabel ini.

Kate Figes tentu tidak sendirian dalam penderitaannya. Banyak orang lain yang melaporkan merasa sakit ketika berada di sekitar peralatan nirkabel. Rod Read, dari ElectroSensitivityUK, berpikir bahwa antara 1 dan 3 persen populasi dapat menjadi hipersensitif terhadap radiasi elektromagnetik yang dipompa keluar oleh hal-hal seperti sinyal nirkabel dan telepon seluler.

The Scientific View

Namun, pandangan ilmiah tentang ini, dan yang diadopsi oleh pemerintah di seluruh dunia, adalah bahwa Gelombang Radio yang berasal dari orang-orang seperti router nirkabel dan telepon seluler tidak berbahaya. Majalah dan situs web kabel mengutip salah satu ilmuwan tersebut (Ed Mantiply, dari program keselamatan frekuensi radio FCC):

"Tidak ada bukti konklusif bahwa medan elektromagnetik merusak kesehatan. Kami memiliki standar untuk pemaparan, yang pada dasarnya seperti batas kecepatan - tidak ada jaminan bahwa Anda aman di bawahnya atau tidak aman di atasnya."
Mantiply melanjutkan dengan mengatakan, "Saya yakin banyak orang yang mengeluh tentang hal-hal ini memiliki trauma atau gangguan obsesif."

Perhatikan bahwa dia tidak mengatakan "semua orang", tetapi "angka bagus". Lagi pula, jika tidak ada jaminan bahwa Anda aman di bawah "standar paparan" maka Anda tidak dapat mengabaikan sepenuhnya mereka yang mengaku gagal sakit dari radiasi elektromagnetik yang diterima dari peralatan nirkabel.

Satu hal yang menonjol, bagaimanapun, dari kutipan Ed adalah penyebutan "standar eksposur". Apa ini? Dan siapa yang menetapkan standar ini?

Standar Paparan

Standar Paparan adalah seberapa banyak fenomena (seperti Gelombang Radio) yang dapat Anda hadapi sebelum dianggap tidak aman. Panduan keamanan, dengan kata lain. Badan yang mengawasi standar keamanan ini di AS adalah FCC (Federal Communications Commission).

FCC mendengarkan dua badan agung: NCRPM (Dewan Nasional Perlindungan Radiasi dan Pengukuran) dan IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers). Kedua organisasi ini pada gilirannya mengumpulkan bukti dari para ilmuwan dan insinyur dari berbagai bidang. Mereka datang dengan sesuatu yang disebut Specific Absorption Rate (SAR).

SAR adalah ukuran seberapa banyak energi Frekuensi Radio diserap oleh jaringan hidup. Ini diukur dalam Watts per Kilogram, atau Milliwatts per gram. Jadi nilai 1,6 W / Kg untuk ponsel berarti bahwa kepala Anda dapat menerima hingga jumlah energi Frekuensi Radio dengan telepon yang digunakan. Tingginya tingkat paparan gelombang radio menyebabkan jaringan memanas. Jadi semakin tinggi tingkat SAR, semakin berbahaya hal itu dianggap. Nilai 1,6 dianggap aman untuk kepala Amerika, tetapi kepala Eropa dianggap lebih keras (atau lebih padat), sehingga nilai 2 Watts per Kilogram ditetapkan. Lebih tinggi dari sekitar 4 Watt per Kilogram dan sel-sel otak cenderung keluar. Beberapa orang berpikir bahwa bahkan 1,6 dan 2 terlalu tinggi.

Bagi mereka di Inggris, Anda mungkin senang mengetahui bahwa tidak ada undang-undang yang berkaitan dengan kepatuhan terhadap pedoman Frekuensi Elektromagnetik. Meskipun Eksekutif Kesehatan dan Keselamatan mengakui nilai SAR di atas, dan semacam kebijakan tampar-pergelangan tangan sedang dalam proses untuk tahun 2008. Atau mungkin tidak.

Di AS, sementara itu, Anda dapat diyakinkan bahwa ada badan pemerintah yang bertanggung jawab untuk melindungi Anda dari efek elektromagnetik berbahaya dari microwave oven, televisi dan monitor komputer - itu adalah Administrasi Makanan dan Obat-obatan!

Untuk melihat mengapa energi ini diamati dengan cermat, Anda harus memahami dua jenis radiasi.

Radiasi Ionisasi dan Non-Pengion

Radiasi dipecah menjadi dua kategori: Pengion dan non-pengion. Radiasi pengion adalah jenis yang melepaskan elektron dari tubuh Anda, dan berbahaya. Sangat. Radiasi non-pengion tidak menghapus elektron, dan dianggap aman. Pikirkan istilah-istilah ini sebagai perbedaan antara mesin X-Ray dan pemanggang roti. Pemanggang roti bisa berbahaya jika Anda memasukkan jari ke dalam pemanggang saat menghangatkan muffin; mesin X-Ray, sementara itu, dapat sangat berbahaya sehingga orang yang mengoperasikannya harus bersembunyi di balik pelindung pelindung. Jadi, X-Rays mengionisasi, pemanggang roti non-pengion.

Sinyal nirkabel di rumah Anda, Anda akan senang mendengarnya, adalah bentuk radiasi non-pengion - Gelombang Radio.

Gelombang Radio yang memancar dari router Wireless Anda dan adaptor Wireless sekitar 15 hingga 20 kali lebih rendah daripada dari ponsel. Namun, nilai SAR untuk telepon berasal dari semburan pendek ke kepala. Sinyal nirkabel konstan, sehingga sulit untuk membandingkan keduanya. Namun intensitas energinya dianggap cukup rendah. Namun demikian, saya tidak dapat menemukan nilai SAR untuk router dan adaptor nirkabel, dengan cara yang sama seperti ponsel biasanya memasukkan nilai SAR di suatu tempat. Yang terbaik yang bisa saya dapatkan adalah jaminan dari produsen nirkabel bahwa perangkat mereka "memenuhi pedoman keselamatan".

Kesimpulan


Laporan Organisasi Kesehatan Dunia tentang masalah ini menyimpulkan:

"... tidak ada bukti yang meyakinkan bahwa paparan terhadap Frekuensi Radio mempersingkat masa hidup manusia, menginduksi atau mempromosikan kanker.

... penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuat gambaran yang lebih lengkap tentang risiko kesehatan, terutama tentang kemungkinan risiko kanker akibat paparan paparan RF tingkat rendah. "

Kecuali Anda adalah salah satu dari Hipersensitif yang tidak beruntung, cobalah untuk tidak mengkhawatirkannya!

Share this :

Previous
Next Post »