Apa itu sinyal nirkabel?

Kami memiliki kotak-kotak ini di ruang tamu kami yang mengirim sinyal nirkabel ke komputer. Komputer kemudian mengirim sinyal nirkabel kembali ke kotak. Tapi apa yang dikirim? Sebenarnya, apa itu sinyal nirkabel?

Radiasi elektromagnetik

Pikirkan tentang Matahari. Menyedot energi. Energi ini disebut Radiasi Elektromagnetik. Listrik dan magnetik. Dalam diagram di bawah ini, gelombang elektromagnetik berasal dari matahari.


Energi diberi nama berbeda: Sinar Gamma, Sinar-X, Ultraviolet, Gelombang radio. Panjang setiap gelombang inilah yang menyebabkan munculnya nama. Pada gambar di bawah ini, kita melihat penggambaran gelombang. Perhatikan puncak dan palung. Gelombang diukur dari satu puncak ke yang lain. Sinar Gamma akan memiliki jarak yang sangat pendek antara puncak; gelombang radio memiliki jarak yang lebih jauh.


Gelombang radio

Jadi sinyal nirkabel di rumah adalah gelombang radio. Gelombang radio dari router nirkabel dipompa keluar antara 2,4 dan 2,5 Gigahertz (GHz). Ini berarti 2,4 hingga 2,5 miliar gelombang per detik. Lebar panjang gelombang, akan hampir sama.

Ombak dengan panjang yang sama dapat mengganggu satu sama lain. Jika Anda memiliki oven Microwave, misalnya, jarak antara puncak akan sama dengan sinyal dari router nirkabel Anda. Sinyal nirkabel Anda akan terganggu jika mereka memenuhi oven microwave Anda, katakan.

Perangkat listrik lain yang diketahui berbenturan dengan sinyal nirkabel Anda adalah:

  • Telepon digital
  • Monitor Baby cot
  • Gadget Bluetooth
  • Router nirkabel lainnya

Ini karena jarak antara puncak gelombang kurang lebih sama untuk semua perangkat ini, sehingga mereka bertabrakan. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mengubah frekuensi gelombang radio. Pada router nirkabel, ini disebut mengubah saluran. Apa yang Anda lakukan di sini adalah mengubah jumlah gelombang per detik. Perubahan yang Anda perbolehkan adalah dari 2,4 hingga 2,5 GHz. Anda membuat perubahan ini dari panel kontrol router (disebut halaman konfigurasi). Jadi saluran 1 berarti 2,41 GHz, saluran 2 berarti 2,42 GHz, saluran 3 berarti 2,43 GHz, dan seterusnya.

Masalah lainnya adalah objek yang menghalangi. Jika sinyal dikirim ke komputer Anda maka itu mungkin terpental dari dinding, jendela, kaca cermin, lantai karpet, dan banyak objek lain, sebelum mencapai komputer Anda. Di ujung PC, ini bisa berarti koneksi yang lambat. Gelombang radio berjalan pada kecepatan yang sama tetapi, karena sinyal terpental, dibutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai tujuannya. Hal-hal yang dapat menyebabkan masalah untuk router nirkabel Anda adalah:

  • Pintu kaca, kaca cermin, kaca di jendela
  • Permukaan logam mengkilap
  • Fish tank (ini air)
  • Dinding internal terbuat dari batu bata
  • Pejantan partisi di dinding
  • Karpet

Kesimpulan

Jadi, sinyal nirkabel yang terpantul di sekitar rumah adalah gelombang radio. Dan gelombang radio adalah bentuk energi elektromagnetik.

Itu mungkin bukan pemikiran yang menenangkan bahwa kita telah memperkenalkan radiasi elektromagnetik ke dalam rumah, dan itu adalah perjalanan bolak-balik antara komputer dan kotak nirkabel! Yang menimbulkan pertanyaan lain yang jauh lebih penting: Apakah gelombang radio ini berbahaya bagi kesehatan Anda? Di artikel selanjutnya, kami akan menyelidiki kemungkinan yang sangat mengkhawatirkan itu.

Share this :

Previous
Next Post »