Memulai Visual Basic .NET

Jalankan perangkat lunak Visual Basic .NET atau Visual Studio Anda. Saat perangkat lunak pertama kali dimuat, Anda akan melihat layar seperti ini, jika Anda memiliki Visual Studio Express 2012:


Jika Anda memiliki Visual Studio Express 2013, perangkat lunak akan terlihat seperti ini:


Saat pertama kali memulai Visual Studio Community 2015 dan 2017, Anda akan melihat layar seperti ini:


Visual Studio Community Edition 2015


Ini mari kita pilih skema warna untuk perangkat lunak. Kami telah pergi untuk Light, di screenshot di atas. Klik tombol Mulai Visual Studio di bagian bawah dan Anda akan melihat layar ini muncul.


Atau ini, untuk edisi 2017:


Ada banyak hal yang terjadi di halaman awal. Tetapi pada dasarnya, ini adalah tempat Anda dapat memulai proyek baru, atau membuka proyek yang sudah ada. Saat ini, area di bawah kiri berlabel Terkini kosong.

Ketika Anda membuat proyek, nama yang Anda berikan akan ditampilkan di sini, sebagai hyperlink. Mengeklik tautan akan membuka proyek.

Di sisi kiri layar mulai, ada dua tautan: "Proyek Baru" dan "Proyek Terbuka". Untuk memulai, klik tautan Proyek Baru. Untuk pengguna Community 20017, Anda tidak akan melihat tautan. Sebagai gantinya, klik File> New> Project.

Membuat proyek baru akan memunculkan kotak dialog. Ini adalah kotak dialog untuk pengguna 2012 dan 2013:

The New Project dialogue box in Visual Studio Express 2012

Visual Studio Community 2015 sangat mirip, kecuali ia memiliki lebih banyak opsi:

New Project Dialogue Box, Visual Studio 2015

Di Visual Studio Community 2017, dialognya sedikit berbeda, karena tidak ada banyak template:

New Project dialogue box in Visual Studio Community 2017

Pilih item Visual Basic, di sisi kiri. Anda kemudian akan melihat jenis proyek yang dapat Anda buat. Sebagai pemula, Anda biasanya menginginkan opsi "Windows Forms Application" (Windows Forms App in Community 2017). Ini berarti bahwa Anda akan merancang program untuk dijalankan pada komputer yang menjalankan sistem operasi Microsoft Windows.

Jika Anda melihat di kotak teks Nama di bagian bawah, Anda akan melihatnya mengatakan WindowsApplication1 atau WindowsApp1. Ini adalah nama default untuk proyek Anda. Bukan ide yang bagus untuk mempertahankan nama ini. Lagi pula, Anda tidak ingin semua proyek Anda disebut "WindowsApplication1", "WindowsApplication2", dll. Jadi klik di dalam kotak teks ini dan ubah Nama ini menjadi sebagai berikut:

Proyek Pertama Saya


Pertahankan Lokasi sama dengan default. Ini adalah folder di dalam folder "My Documents" yang disebut "Visual Studio Projects". Folder baru kemudian akan dibuat untuk Anda, dan namanya akan menjadi nama yang Anda ketikkan dalam kotak teks "Nama". Semua file Anda untuk proyek pertama Anda kemudian disimpan di folder ini.

Klik tombol OK, dan lingkungan waktu desain Visual Basic NET akan terbuka. Ini akan terlihat seperti berikut:


Itu adalah perangkat lunak yang sangat menakutkan, hai? Yah, jangan khawatir. Kami akan memecahnya sedikit demi sedikit di beberapa bagian berikutnya, dan tak lama lagi Anda akan melewatinya seperti seorang profesional!

Share this :

Previous
Next Post »